Thursday, April 19, 2007

Sebuah telepon dari sahabat


Jarum jam menunjukkan pukul 20.30 waktu setempat. Saat dimana HP gue bergetar. Kala itu gue sudah hampir terkubur dalam timbunan buku-buku dan kertas-kertas print jurnal di salah satu pojokan perpus Uithof. Gue mengangkat telepon. Menjawab dengan intonasi sangat pelan, supaya tetap dianggap manusia beradab di area super intelek ini.

Di ujung sana rupanya sohib kental gue satu kantor menelepon. Ia mengabarkan langsung akan kondisinya pada sapaan perdana.

“Yu, gue baru putus ama cewek gue.”

Walah. Gue langsung melipir ke arah luar, menjauhi meja-meja nuansa ilmiah dan manusia-manusianya. Nah, kini sudah di posisi leluasa untuk menambah volume suara. Posisi nangkring di tangga.

“Kenapa men?”

Langsung deh setelah gue bertanya lebih lanjut, keluar sudah uneg-uneg nya. Gile hampir aja mau merit.

Oh iya, sebelum gue bercerita lebih lanjut, gue akan beberkan sedikit informasi tentang sohib kental gue ini.

Perjumpaan pertama kita dimulai pada hari ketiga gue masuk kantor, dan ternyata satu mobil di jalur hantaran pulang karyawan tengah malam. Sejak itu, berawal dari letak geografis yang sama, kite menjadi akrab.

Gue inget kita selalu memperbincangkan impian-impian kita, segala keluh kesah gulana, dan segala kebobrokan dunia persilatan profesi kita, di warung depan parkiran gedung baru.

Satu hal yang menarik dari kawan gue ini, die merangkak untuk kejayaannya ini dari dulu. Orangnya gigih. Meski pendidikannya belum S1 (sekarang sedang) die selalu mau belajar. Masih segar dalam ingatan gue, die memulai dari berita-berita yang menurut die bukan berita, lalu ke job desk yang die tidak sukai, tapi setiap kesempatan die selalu libas. Kadang berakhir kenikmatan, kadang berujung kegundahan. Dan dia selalu berbagi dengan saya.

Sukses akan datang dengan sendirinya kalau kamu tekun. Itu pepatah bijak yang mungkin berlaku bagi sobat ini. setelah 3 tahun mengabdi, die mendapat kesempatan emas. Dan mulai dari yang simpel-simpel, lagi-lagi dia beruntung mendapat kesempatan tampil. Kali ini bukan lagi di belakang, tapi di depan TV. Berawal dari taping berulang-ulang hingga live.

*

Suatu pagi di gym, saat die membantu saya berlatih beban bench press 25 KG *cieh*, ditengah napas yang memburu, die berkata,

“Gimana menurut lo semalem penampilan gue men? Masih ancur ye”

Hmmm gue manggut-manggut. Keberatan maksudnya, soalnya kite suka sok gaya biar dadanya cepet bidang. Ampe kadang diperingatin instrukturnya, latihan jarang nongol, nutrisi nggak pernah dijaga, dsb. Alasan kita tetep sama, kite kan pekerja malam hari bos, under pressure lagi, wuah stress deh. Begaya serasa sok orang penting di muka bumi ini, kesannya kalo nggak ada kita nggak ada yang tau dunia mau kemana. Wuih. Padahal.

Terus gue ceritain aja kalo live die semalem udah direkam, terus gue liat rame-rame sama tim supporter pendukung die. Ketawa ngakak, biasa deh kan paling lucu kalo ngeliat orang live perdana. Heheh. Biasa lah tim sirik. Gue juga dulu sempat nyoba pas taping, 3 kali percobaan dan semuanya dengan penuh kesadaran pribadi hanya menjadi tumpukan kaset di laci pribadi di meja kantor. Iya lah. Kan nggak semua musti jadi striker mencetak gol, kan musti ada yang jadi poros halang. Bahkan perlu juga ada anak gawang pemungut bola. Atau tukang sobek karcis. Semuanya kan untuk tujuan akhir penonton yang puas.

Hingga akhirnya dia sudah gape ber-live report ria dan makin lama makin dapat berita bergengsi. Hingga breaking news sudah kerap kali dihiasi wajah die dari lapangan. Udah sempat bisa ikut rombongan orang nomor satu di negeri ini. Dan bisa bareng dengan sang legenda idola die, Miko Toro SCTV. Hehehe. Kalau saya punya ambisi mengalahkan tim kupas tuntas, sempat seh sekali dua kali, die punya ambisi melebihi Miko Toro.

Die bilang pengen ke Aceh, die kejar terus, akhirnya dapat kesempatan. Dan menyusul deh ke daerah konflik lainnya. Semua impian dia satu demi satu tercapai. Die masih ingin lebih. Sempat dia melamar jadi presenter. Heheheh. Sempet audisi dan dilatih pak Popeye. Wah sayang sekali belum berhasil, agak susah soale, mungkin dia belum memiliki wajah yang bisa saingan dengan Tommy Tjokro atau Alvin Adam.

Paling-paling sembari mengunyah bakwan unlimited dan ice tea no sugar di warung ibu gendut, gue mengingatkan die bahwa die sudah mencapai banyak hal. Itu kalau ia sedang kecewa atau stress.

“Pembokat di rumah orang tua gue aja tau kalo lo lagi tampil di TV, die sering bilang, itu kan yang sering dulu kesini kan”

Atau,

“Kalo sering nonton TV kita, orang pasti tau elo deh, gile pasti fans lo banyak men. Pasti kalo ke mall banyak yang neriakin nama lo, cieh”

Dan die pasti tersipu-sipu malu.

Die orangnya mau belajar. Gue inget dulu waktu baru di reguler, die suka menelepon gue yang nggak di reguler,

“Yu, kalo gue mo ketemu si anu untuk masalah anu perkembangannya kan anu-anu yah? Udah sampai mana seh? Terus gue nanya apa yang biar update?

“Koorlip lagi-lagi suka nggak jelas neh, ada kontak si Mr anu? Staf ahli si menteri anu berapa yah HP nya? Cara mudah mengontak bos anu lewat siapa yah buat bikin janji?”

“Menurut informan lo siapa enaknya yang mesti gue samperin men? Si anu enaknya gue cegat dimane?”

Yup, die orangnya juga kritis dan cepat tanggap belajarnya, mungkin sebulan dua bulan pertama gue dengan senang hati digangguin, abis itu die udah gape sendiri. Dulu masih nanya enaknya baca majalah apa atau buka situs apa buat update. Tapi kini die udah bisa membina source sendiri.

Dulu suaranya nggak enak bener didenger kalo dubbing, kini sudah ciamik. Udah gaya die, udah bisa cerita die udah bisa marah-marah ngambek ke produser di dalem. Hehehe. Khas orang lapangan banget.

Nah, sewaktu gue akan berangkat sekolah lagi, die menyambangi gue tengah malem, dengan masih bermuka lelah sepulang shift kerja. Kite ngobrol di rumah.

“Sorry besok nggak bisa ikut nganter ke bandara.”

“Tenang men, it’s OK. Kita sama-sama kejar impian ye.”

*

Nah, terus kita kembali ke pokok utama cerita saya. Yah benar, kehidupan asmara kawan saya ini. Entah kenapa yah. Padahal mukenya mirip-mirip blasteran gitu. Lumayan top juga. Kok ya Cupid tidak pernah berpihak padanya.

Dulu dia bilang mau segera menikah. Udah nyicil ngangsur rumah dari gajinya. Eh kandas dengan seorang wanita yang sudah sekian bulan dipacarinya. Die patah hati diputusin. Lalu Desember silam menelepon mengabarkan die sekarang pacaran dengan seorang pramugari. Wah. Cantik pastinya, dan mereka sedang bersiap kawin tahun 2007 ini. restu kedua orang tua sudah diraih. Ealah. Nasib. Die diputusin via telepon saat dia sedang berdinas luar kota sebulan, meliput berita sebuah institusi pendidikan terheboh tahun ini.

Inilah telepon yang membuat gue turut simpati, die sering menelepon kalo lagi dapat fasilitas telepon. Hehehe. Atau kadang gue yang menelepon pakai fasilitas voipbuster, meski jarang.

Kadang isi teleponnya nggak penting seperti ucapan salam dari narasumber yang ditemuinya yang masih ingat gue. Atau tentang kantor yang terendam banjir hingga dipindah lokasi sementara. Juga info-info terkini dengan gambaran lengkap dari lapangan.

Jadinya gue masih bisa update gosip kantor. Jadinya gue tau kalo gaji naek lagi, bonus insentif naek lagi, SPJ jadi 125 ribu keluar kota dan dihitung perhari bukan permalam lagi.

Duh, gimana yah. Kadang kita perlu menerawang jauh dan memahami kadang disatu sisi kita dipuaskan dan harus bersyukur. Dan disisi lain kita diuji, dan harus tabah. *Duh jadi sok bijak gini tulisan gue*.

Lalu gue manggut-manggut mendengarkan kegundahannya lebih jauh, saat die menceritakan bagaimana dia menelepon orang tua sang gadis mengabarkan semuanya.

Ah, kok ya bisa yah. Padahal udah siap rumah, udah punya cukup banyak tabungan buat kawin hasil ngumpulin SPJ, anaknya juga anak baek-baek, nggak pernah jajan cewek diluar, tipe setia. Soal tampang, wah jaminan deh calon mertua bisa pamer pas lagi nonton tipi di pos ronda bareng kolega.

Wah. Gue cuma bisa turut simpati dan menghibur. Semoga lo baek-baek aja sob.

Padahal.

Hehehe. Padahal.

Baru aja kemaren ada temen gue curhat serupa, Cuma laen jenis. Udah jadi esmud muda di Jakarta, cuantik, ok punya, sukses karirnya. Kok kesusahan yah nyari cowok. Ampe stress pas curhat.

Apa gue kenalin aja yah keduanya?

1 komentar:

RISTANTOMY said...

MANTAP...ASLI GOKIL ABIS.....apalagi kalau tahu behind the screennya...