Tuesday, January 16, 2007

fietsen oh fietsen...

Stress banget hari ini. Gue kayanya lagi sial banget. Lagi asyik-asyik ngebut naek sepeda ngejar sholat jumat di mesjid turki di lombokstraat eh pas depan vreidenburg ban gue pecah. Akh. Bete bener. Langsung aja gue parkir, gue lanjutin pake jalan kaki. Ampe mesjid sial bener again, pertama kali gue sholat deket banget ama rak sepatu, baru sekali-kalinya, mirip banget ama di kampong gue.

Trus gue mutusin beli ban dalem ama ban luar baru di flea market, karena menurut gue udah parah itu keadaannya. Dan mendingan ganti baru daripada nambel ban sendiri, yang ternyata ntar pas diperiksa eh malah ujung-ujuangnya ganti ban juga. Abis beli ban gue parkir itu sepeda dan bungkusan ban barunya ke parkiran perpus janskerhof. Alamak karena itu hari jumat, ternyata dengan cepat gue diusir dari perpus. Kuncen perpusnya mo wikenan. Dan ternyata juga temen gue buat gue numpang bongkar-bongkar pada nggak available. Keluarlah gue uang buat naek bus, padahal naek sepeda buat nurunin berat dan menghemat ongkos.

Sebenarnya gue juga nemu lampu baru buat sepeda gue, karena lampu biasa yang 4 euro an ternyata nggak cukup buat rute baru gue utrecht-uithof-zeist yang super gelap, masak iya gue nebeng lampu mulu ama bule-bule, ngintil cuek di belakang, kadang kan suka nggak ada orang kalo lagi apes. Nabrak keluar uang lagi ntar. Ealah karena musibah maka malemnya pas gue ngutak-ngutik itu lampu keren, ternyata bikin sebel juga, setelah putus asa dan merasa ditipu, itu lampu nyalasetelah 3 jam gue kutak-kutik sambil mengutuk.

Terusannye ternyata gue baru bisa benerin hari senin, karena perpus dikunci halamannya during wiken. Nah hari senin ini malapetaka muncul lagi. Gue bangun pagi dan siap dengan tools portable gue dan pompa ban juga portable. Investasi gue yang sangat berguna di segala kesempatan. Benerin apa aja bisa, masak ganti ban aja musti keluar 10 euro buat nyuruh bule masangin? Mending gue ganti sendiri terus menyulut rokok penuh kemenangan.

Nah dengan alat itu gue angkut itu sepeda keluar perpus dan nebeng di pelataran rumah silvi yang deket dengan perpus. Berdua dengan silvi gue mulai mengganti ban. ANJRIT SUSAH JEK. Padahal modal feeling dulu di jakarta ngeliatin abang-abang benerin ban motor gue tiap hari, gue yakin bener bisa, gue juga kan pengalaman ganti ban mobil di jalan tol dengan rekor 15 menit. Ealah susah ternyata kalo dibandingin ama sepeda. Setelah berkali-kali gagal, setelah satu jam gue berhasil melepas ban dalam dan ban luar dari sepeda.

Wah gampang dong. Udah deh tinggal masang ban baru and back to work!

MUKE LO JIDAT!

Abis masang ban baru dengan susah payah dan si mungil silvi juga gue paksa turun tangan, ban itu emang berhasil masuk. Akan tetapi. Setelah pasang semua baut pake feeling, syalalala, giginya error, rantainye kendor, rem belakang modor. Alamak.

Dan itu sudah 2 jam perjuangan.

Hmmm Ban nya minimal sukses kan jo?

DODOL, pas dipompa, malah dengan cepetnye kempes.

Karena gue dan silvi udah nyerah, dan dengan senyum kecut gue akui kalo gue bukan expert dalam hal ini, dan gue kudu minta bantuan professional. Pergilah gue dorong itu sepeda dengan lemas ke Fietspunt, toko sepeda dan reparasi yang direkomen karena murah.

Itu meneer mencharge bukan 10 euro, karena gue datang dengan keadaan ban kempes (meski baru0, rem rusak, gigi rusak, rantai rusak. Kita shake hand dengan 12 euro plus 4 euro kalo ban dalemnya rusak (kayanya rusak karena gue salah pasang kata temen gue)

Jadinya dalam 3 jam. Keren ini kumpeni satu. Alatnya juga canggih, kaya bengkel motor Kotaro Minami. Belum pernah gue liat sepeda dikerek keatas gitu. Terus ada montirnya pake baju khusus, sepeda doang gitu loh.

Nah akhirnya gue ke library nerusin kerjaan gue, lha dalam tempo sejam pas gue lagi konsen ama dokumen UN yang bikin bete, si meneer kumpeni nelpon gue, katanya ban belakang gue totally damage berat, hmm mungkin itu yang bikin kenapa sepeda gue suka goyang dan cepet kempes, maksud die mungkin peleknya rusak parah. Dan ban dalamnya juga scratch parah, dan gue emang yakin itu toko terhormat nggak bakalan nembak harga karena gue foreigner, mereka kan punya kode etik profesi. Jadinya gue dengan lemas bilang “proceed”walau mereka menyebut baru bisa kelar besok siang dan “for all it will cost you 25 euro.”

Gile deh ah. Udah ban beli baru, capek buang waktu karena penasaran dan sok mau mandiri bin hemat. Ujung-ujungnya nambah mahal, kenapa nggak dari pertama taro disitu, seperti kata mas pilar mochtar yang bijak ketika dengan sabar nganterin gue beli ban kemaren.

Sekarang ini printer LLM room di Molengraaf pake ngadat lagi, masak gue kudu nunggu 2 jam buat ngeprint 30 lembar, gile kalah cepet ama printer di kantor gue dulu. Masih aja jutek pas ngetik ini tulisan meski dihidur ama duo aimale malaala dan alberto castro yang lagi begajulan ala ketoprak humor gara-gara sibuk nyiapin presentasi besok.

Pesan moral: mendingan sok jago bisa benerin, namun gagal dan terus keluar duit banyak tapi nggak penasaran, daripada nggak capek, enak, tidak terganggu, tapi keluar duit dikit sambil penasaran.

Pesan sponsor 1: www.fietspunt.nl tempat benerin sepeda paling murah dan terpercaya di utrecht.

Pesan sponsor 2:

beli ban dalam : 2 euro
beli ban luar : 6 euro
ongkos naek bus jumat sabtu senin : hampir 12 strippen (sekitar 4 euro)
ongkos benerin sepeda : 25 euro
ongkos jadi nggak penasaran dan menghargai kerja
tukang tambel ban motor di pinggir jalan : priceless

there are some things that money can’t buy
for everything else use
debit card rabo bank

0 komentar: