Thursday, January 25, 2007

Indomie Goreng Selera Pedas




Di malam yang beku nyaris minus 5 derajat celcius, saya baru pulang ke rumah selepas berkutat di library. Maklum lagi musim ujian, jadi inget deh ama gedung library, biar kelar segala urusan paper dan persiapan exam. Padahal seh disana cuma ngopi di café Guttenberg lantai dasar sembari ngobrol sama anak-anak PhD, dengan topiknya gosip artis tanah air, lokasi mana yang lagi opruiming, film terbaru, jadwal festival, pokoknya sumpah jauh banget dari ilmiah.

Nah sesampai di rumah sudah jam 11 malam. Saya langsung ke dapur untuk memasak, lapar bo’. Perut melayu merengek pengen nasi plus dadar campur mie isi sosis plus cabe rawit. Seharian cuma makan roti sepotong. Nggak kerasa efeknya di space perut saya yang 20 gigabyte.

Menanggalkan seluruh lapisan-lapisan baju, lantas memakai baju rumah yang cozy, saya meluncur ke dapur yang menyatu dengan common room. Disitu saya temukan si bule hasil kawin campur Australia-Belande, si Daniel jangkung, lagi asyik tiduran nonton TV di sofa, dan si keriting Marten, dokter muda yang ganteng lagi sibuk sama roti. Saya ngobrol dengan Marten sejenak masalah salju, kapan turunnya. Terus ngomongin Van Basten di TV, yang saya bilang dulu terakhir nonton dia tahun 1992 saat saya masih dibangku SMP. Marten keluar ruangan membawa dua tangkup roti buat dia dan pacarnya yang nginep di kamarnya. Tak lupa saya ucapkan “Safe sex use rubber.”

Nah terus lanjut dengan si Daniel. Saya kan lupa keabisan garam dan lada, eh ternyata di dapur ada banyak banget varian garam dan lada, mana pake bahasa kumpeni semua lagi. Dia akhirnya ngejelasin tuh apa aja maksud teks di botol-botol itu. Die terus ngiler rupanya ngeliat saya masak, saya tawarin, tapi dia masih malu-malu *bule seh malu* dia bilang dia lapar terus ngeliat ke kulkasnya, tapi stoknya habis, dia cuma punya some left over sama sedikit noodle dingin. Saya tentunya tidak tega, kan badannya kurus. Saya buka lemari saya, saya tawarin deh Indomie goreng selera pedas, karena dia suka sekali masakan pedas,

“Kalo mau bikin deh tuh. Ada petunjuknya pake bahasa belanda di bungkus belakang.” Heheh kapan lagi bersabda ama kumpeni.

Saya memang baru menemukan toko Indonesia dekat centrum Zeist. Saya bilang rebus 3 menit terus campur bumbu, aduk, jadi deh mie goreng indonesia. Dia seneng banget. Die bilang wah enak neh, lengkap pula bumbunya semua ada.

“Kurang pedas? Kalo kurang neh!” saya sodorin lagi sambal botol ABC. Die kegirangan.

Terus muncul si manis Janneke, pulang kuliah muka capek, die nyamperin saya bilang, “Yummy.” Terus nanya ke Daniel masak apaan tuh?

Saya tawarin lagi, “Kalo mau neh, aya masih banyak stok berbungkus-bungkus.” Die ngangguk semangat mupeng bilang mau.

“Bikin deh gih.”

“Wow lekker, ada bawang gorengnya lengkap bener,” kata die asyik masyuk.

Gile bule kegirangan makan indomie, keren bener. Baru pertama kali saya liat fenomena alam seperti ini. benar teori kawan saya, masakan mereka memang rata-rata plain banget, nggak beraroma, nggak bercitarasa, baru indomie instan udah pada girang gitu.

Terus makanlah kita bertiga, sambil nyobain juga dadar campur mie ramuan saya. Terus kita ngerokok bareng, rokoknya model lintingan, rokok pelajar belanda yang super hemat, dikasih sama si Daniel. Eh pada curhat deh tuh bule-bule. Pada stress ternyata. Hehehe ternyata mereka masih pada belia. Si Daniel rupanya suka nyimeng mulu, tiap hari lagi. Ini bule mentang-mentang ganja legal, nyimeng mulu. Terus semester ini die lupa daftar ujian, mana lagi berat-beratnya, Daniel jelasin sistem belanda kalo tahun kedua tuh susah bener. Die cerita die paling rusak lah di keluarga dibandingin adeknya dan lain-lain.

Saya langsung nasehatin deh hehehe. Sok bijak. Jangan nyimeng mulu, nggak baek. Die masih bela diri, softs drug kaya cimeng itu gak papa, kalo hard drugs kaya hero atau koka tuh yang nggak sehat. Saya bilang ntar lo jadi maling sepeda lho nanti. Hehehe intinya terus dia manut-manut nurut deh. Makanya saya juga baru sadar, pantes ini kumpeni jangkung kok kelaperan jam 12 malem. Abis nyimeng rupanya.

Nah kalo Janneke, die puyeng lagi kusut, die kudu berangkat ke Swedia buat tugas akhir hari minggu besok, dan tidak pulang hingga 3 bulan lamanya. Die mau lulus bachelor nya bidang social worker studies dan udah mau berangkat dia belum tau mau bikin apa buat tugas akhirnya disana nanti. Udah gitu juga sambil persiapan buat kuliah masternya abis 3 bulan itu rampung. Wah banyak pressurenya.

Langsung deh poci-poci saya nasehatin lagi sok bijak. Minimal ampuhlah buat dia tersenyum. Terus kita semua ketawa bareng. Lanjut ngoceh ngalor-ngidul soal aneka ragam soal belanda.

Aduduh jongen-jongen ini ajaib-ajaib semua. Kasihan kadang, mereka terlalu cepat mandiri soale, masak umur 18 rata-rata udah pada tinggal sendiri pisah sama ortu, meski masih disupport ortu. Kalo ada masalah kadang suka bingung deh nyari orang bijak. Untung malam ini ada orang bijak dari Indonesia muncul dengan sekarung Indomie. :)

Terakhirnya, Daniel ngajak nongkrong ke kota kalo ujian saya udah kelar, tau deh semoga nongkrongnya yang bener. Janneke mau masakin saya stampot, masakan khas belanda yang kudu dicobain. Tapi memang yang masak kudu orang belanda kata kawan saya, nah kali ini berhasil deh ada mevrouw cantik mau masakin.

Kami berpisah, Daniel kembali tiduran di sofanya, Janneke bobok, saya kembali ke kamar melanjutkan beberapa bab yang masih tersisa.

Indomie, kerap membosankan. Tapi jauh diseberang lautan, malah menjadi awal sebuah percakapan.

0 komentar: