Sunday, March 04, 2007

Kom je op de patat met mayo?


Seorang legend bernama Jimmy Tanaya dari Wageningen bersabda, untuk mencoba sejenis snack khas Belanda. Patat. Wujudnya adalah kentang goreng dengan porsi besar, kira-kira sebesar super size french fries di McD. Potongannya juga gede-gede. Dimakan pake mayonaise. Agak aneh memang pertamanya. Apalagi kalo pesen pake saus spesial, alias mayonaise plus curry sauce ditaburi cacahan bawang putih. Namun entah kenapa sejak gue berkenalan dengan sesosok wanita aneh yang suka banget nenteng itu makanan kemana-mana. Gue jadi doyan itu jajanan. Mujarab kalo kelaperan tapi masih berada sekitar centrum atau stasiun. Simple, dan cepet kenyang kalo cuma punya waktu sedikit.


Gue nggak puas dong kalo cuma sekedar nyoba. Petualangan dimulai. Gue mencoba semua merk patat seantero belanda. Ada Smuller, yang menurut gue paling enak dan buka 24 jam di stasiun. Ada Manneken Piss dengan vlamse frites-nya yang berpotongan besar, ada Bram biru favorit si Ririn yang katanya paling naturel, hasil potongan kentang yang fresh, ada Febo dengan puntjak frites-nya kesukaan Mia. Ada juga merk-merk generik yang banting harga murah. Kadang juga goreng sendiri bareng kawan-kawan. Favorit saya yang merk euroshopper, isinya paling banyak, harga sama isi tiga kali kapasitas kompetitornya. Apalagi pas saya pindah rumah ternyata bule-bule serumah punya deep fries machine, yang membuat hasil gorengan kentang lebih sempurna.


Nah, di suatu hari yang indah, seusai sholat jumat di mesjid turki, lombokstraat, saya iseng jalan ke centrum. Memotong jalan menuju kampus, saya ada kuliah jam 3 sore, kuliah Human right case law-nya si paman Leo bewok. Nah saya liat ini ada rombongan bocah bule makan patat bejejer di jalan. Hmmm, pasti ini rombongan studi tur lagi istirahat. Nah terus gue jalan eh di kios patat manneken piss orang ngantri penuh bener, ada spanduk gede bener. Gue nggak gitu ngeh, abis pengumumannya semuanya bahasa kumpeni. Di kios kedua rame penuh lagi, lha ada apaan neh, gue nguping denger dong. Modal hasil les intoduction to dutch language delapan pertemuan didikan mevrouw Sandra Dwank yang sexy di james boswell institute. Hmmm mereka membagikan patat gratis! Gratis? Iya, cuma hari ini saja jam 12 hingga jam 6 sore. Kenapa? Karena mereka menang award best frites in netherland. Wah! Best Patat in Netherland! Dibagiin gratis lagi. Pas banget gue belum makan siang. Bener nggak ya? Kok gue nggak gitu yakin. Takut malu-maluin almamater. *halah* gue jalan terus aja ah. Setengah jam lagi kuliah.


Eh di kios serupa di depan, antrian serupa. Ah nggak kuat iman. Gue ngantri dong. Bodo deh kalo salah paham, gue siap koin 2 euro. Diem aja, eh bener pas ampe depan dikasih aja loh. Wah langsung gue makan sambil keluarin telepon manggilin temen-temen untuk berkumpul. Heheheh. Indonesia banget.

Terus? Gue ngantri lagi hehehehe. Terus? Yah gue kuliah dulu. Kan kita disini tujuan mulianya harus belajar. Terus keluar abis keluar kelas, tentu saja dengan sisa waktu sejam gue lanjut ngantri patat dudududu.


Kalo kamu berkesempatan wisata ke negeri kincir angin, jangan lupa mencoba jenis masakan khas ini, dijamin lebih khas daripada stroopwaffle atau poffertjes itu. Yang jelas, hari itu saya habis, maaf beribu maaf, enam porsi. Hmmm.

3 komentar:

Burat said...

entah gimana caranya, harus bisa bawain ke Indonesia!!!

Anta said...

hai mas wahyu.
patat met pinda sauce also lekker?
salam kenal,
sukses selalu
Ant@

Jimmy Tanaya said...

Wahyu, je ben toch te gek :p. Dat is niet jouw perut maar jouw tong sampah wahahahahah. 6 porsi men, gile bener :p. Saya 3 porsi aja sudah susah payah (dan saya juga rakus lho qeqeqeqe). Nggak kusangka 'tulisan sesatku' ternyata berbuah >:)