Thursday, June 07, 2007

jalan-jalan ke penjara Belanda

Negeri yang aneh.

Di negeri ini segala bentuk keanehan dapat dilihat dengan kasat mata. Yang datang dengan dogma bahwa ganja adalah terlarang di benaknya akan melihat kebalikannya disini. Yang gay phobia juga dijamin terpelanting. Yang doyan kopi susu juga akan terperangah mencoba sterk koffie mereka Yang biasa makan french fries cocol sambal ABC akan takjub akan patat met mayo setempat.

Ini negeri yang meruntuhkan semua kestabilan ekosistem. Mereka percaya akan pancake sebagai makan siang dan makan malam. Mereka punya partai pedofil yang memperjuangkan usia hingga 8 tahun untuk batas kebebasan berhubungan seks. Dan mereka juga punya casino dan red light district di setiap kotamadya.

Okelah. Untuk menggali lebih banyak keanehan bin ajaib lagi. Saya memutuskan untuk mengunjungi tempat teraneh favorit saya. Setelah menyambangi kantor polisi, pengadilan, dan kantor pemda. Kini saya akan mengajak anda mengunjungi penjara. Yup betul. Penjara.

Let’s go to prison. Ketika berjalan kaki menuju tempat ini, saya mendiskusikannya dengan kedua kolega saya yang manis. Barbara asal Amrik dan Alexandra asal Swedia.

Menurut benak kami ketika menatap gedung dengan kawat duri ini adalah, dibaliknya ada lapangan luas dimana orang-orang sangar berkostum orange jumpsuit sedang fitness atau berolahraga, dimana disatu sisi gang kulit hitam berkumpul, hispanik di sisi lain, dan sebagainya. Tak lupa soundtrack lagu rap nelly dan 50 Cents bergantian sebagai latar belakang.

Penjara dengan terali besi, dimana terjadi aksi kekerasan brutal. Communal shower room dimana terjadi aksi sodomi jika sang inmates menjatuhkan sabunnya. Kami bersiap-siap dengan pandangan sorot mata tajam penjahat yang sudah lama tidak melihat wanita dan sudah muak dengan makanan penjara yang super najis. Kami hanya bisa berlindung dekat-dekat dengan penjaga bersenjata laras panjang lengkap yang memakai sunglasses untuk menghindari kontak mata.

Demikian apa yang ada di benak kami, terus hingga kami melalui metal detektor. Kali ini lebih parah tingkat penjagaan superketatnya, ikat pinggang dan handphone saya tidak bisa masuk.

Dan inilah yang membuat negeri ini menjadi tambah gila. Inilah realita dibalik jeruji besi kokoh penjara belanda.

1. ternyata mereka yang dipenjara tidak perlu memakai seragam, kebebasan berekspresi dan hak individu begitu dilindungi, jadinya saya menyaksikan penghuni yang sangat stylish dengan pakaian model terbaru.

2. ruang sel yang indah. lebih bagus dari kamar student yang saya tempati hehehe, saya masuk dan merasakan empuknya kasur, dilengkapi dengan Tv 14 inch, meja dan lemari IKEA, personal shower room and toilet. kebanyakan tiap sel diisi satu tahanan, namun ada sekitar 10 sel yang diisi 2 orang dengan tempat tidur tingkat. dimana akan dicari room mate yang cocok, sama-sama perokok, atau satu suku, atau kecocokan lainnya.

3. mereka bisa pesan list belanja ke sipir penjara, para sipir akan mengantarkan pesanan bahan baku mereka ke sel dalam kantong belanja, dan mereka bisa memasaknya di dapur umum yang super lengkap, bahkan tersedia deepfries machine.

4. bukan hanya alkohol, ganja juga diperbolehkan di penjara, saya melihat banyak narapidana melinting dan menghisapnya. bahkan ada yang mengobrol dengan saya sembari fly.

5. sarana rekreasi yang sangat lengkap. tiap blok, sekitar 40 kamar, tersedia 3 meja bilyar, 1 snooker, 2 meja ping pong, satu telepon umum kartu yang bisa digunakan menelepon ke manca negara dan banyak sekali kartu remi, satu set lengkap chip poker, dan board games. untuk seluruh penghuni ada juga sarana gym yang terbilang mewah sekali, lapangan olahraga indoor dan outdoor, warnet, ruang untuk kunjungan hubungan intim dengan istri, dan perpustakaan.

6. tidak ada sipir penjara bersenjata lengkap. mereka hanyalah laki-laki kekar dengan otot besar, berseragam T-shirt hitam dan sebuah alat komunikasi di pinggang. mereka memang jago beladiri, dan rutin dicek kondisinya. karena itu tidak perlu membawa pentungan dan pistol.

7. dan inilah yang hebat, penjara pria namun tersedia 25 persen sipir wanita. ajaib. dan ketika berbincang dengan salah satu sipir wanita, mereka merasa enjoy, bahkan mereka menjadi sarana curhat para sipir, lalu kalau akan terjadi perkelahian, cukup mereka yagn menengahi, dengan begitu para tahanan pria akan sungkan dan berhenti berkelahi.

8. kalau tahanan bandel, hukumannya adalah diambil TV nya, dan semakin bandel semua fasilitas dicabut. dan kalau beringas akan ditempatkan di sel isolasi. dimana ketika saya menengok ke sel isolasi ini, di dalamnya sangat indah sekali dibanding LP kalisosok. bahkan saat itu sang tahanan sedang memesan jatah kopi jam 3 sore ke sipir yang langsung datang membawa 2 gelas kopi.

9. oh ya setiap kamar dilengkapi interkom dan mereka bisa komplain terhadap fasilitas, disini membuat saya berpikir bahwa sang sipir sangat mirip dengan roomservice, dan seperti penuturan salah seorang sipir pria, di penjara belanda sangat mirip dengan hotel bintang 3, hanya saja tanpa kunci pintu.

10. para tahanan juga dapat bekerja, dan medapat upah 5 euro per jam. dimana mereka dapat membeli banyak sekali kebutuhan jika mereka tidak punya uang. mereka membuat alat-alat listrik (knop bell, kabel, hub, stop kontak, pipa, kotak sekering). tahanan yang bersedia kerja bersih-bersih penjara bahkan mendapat uang bayaran yang lebih mahal, karena itu ini adalah posisi inceran para tahanan.

11. masa hukuman paling lama 6 tahun. meski mendapat hukuman jauh diatas. biasanya ada hukuman percobaan, dan tahanan rumah, dimana tangan mereka diberi gelang yang jika mereka lepas atau mereka pergi dalam radius 100 meter maka akan segera membunyikan alarm sensor yang ditanam di rumah mereka dan tersambung ke kantor kepolisian.

12. menu makanan sangat beragam dan lezat. saya sempat mencoba chesse cake di penjara ini. menu juga disesuaikan dengan permintaan, mereka melayani diet, daging halal, kosyer yahudi, dan vegetarian. penjara dengan menu buffet dan ala carte, customized by request!

13. di penjara juga ada hari libur, dimana setiap hari besar akan diadakan pemutaran film bioskop di aula dan festival, kadang setiap akhir bulan ada kursus salsa dan disko night.

14. personal stuff juga disediakan tanpa membeli, saya melihat sendiri di lemari stok, mereka punya merk khusus penjara untuk sachet shaving cream, shampoo, odol, sikat gigi, dan pisau cukur. semua dengan desain kemasan yang indah. sempat saya colong untuk souvenir.

15. karena itu perilaku para tahanan tidak terlihat beringas, mereka sangat kalem dan sangat ramah meski tampangnya sangar. mereka memberi salam dan membalas salam, selayaknya orang-orang belanda di centrum.


ah penjara yang indah.











claudine (rwanda), sylvia (Indo), chiseche (tanzania), gue, barbara (USA), mollah (Ethiopia), Fu Ann (Japan), Alexandra (Sweden)

3 komentar:

Anonymous said...

[url=http://firgonbares.net/][img]http://firgonbares.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]cheapest software anywhere com, [url=http://firgonbares.net/]Content Bento 2 Mac[/url]
[url=http://firgonbares.net/][/url] smart office software 2008 software prices
free antivirus for windows xp [url=http://firgonbares.net/]office software review[/url] adobe photoshop cs4 book for mac
[url=http://firgonbares.net/]software for retail stores[/url] macromedia director software
[url=http://firgonbares.net/]downloadable antivirus software[/url] coreldraw 11 download
face shop software [url=http://firgonbares.net/]cheap software now[/b]

Anonymous said...

[url=http://bariossetos.net/][img]http://bariossetos.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]how to remove glare in adobe photoshop cs3, [url=http://hopresovees.net/]discount software san[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] software reseller new cheap find here software
0 Mac Logic Express [url=http://vonmertoes.net/]software discount game software[/url] softwares stores
[url=http://bariossetos.net/]windows vista ultimate upgrade[/url] cost per hour contractor autocad drafting
[url=http://bariossetos.net/]software from microsoft[/url] adobe photoshop cs3 brushes downloads
shop 2.0 by software [url=http://bariossetos.net/]autocad inventor[/b]

Anonymous said...

[url=http://vonmertoes.net/][img]http://hopresovees.net/img-add/euro2.jpg[/img][/url]
[b]where to buy software to, [url=http://bariossetos.net/]microsoft office government discount[/url]
[url=http://hopresovees.net/][/url] web store builder software free autocad drawings
to buy microsoft office software [url=http://vonmertoes.net/]free nero 7[/url] autocad pdf converter lines overwrite
[url=http://bariossetos.net/]computer software retail store[/url] cheap music software
[url=http://vonmertoes.net/]how to install office 2007 enterprise blue edition[/url] online store software reviews
quarkxpress filemaker pro [url=http://vonmertoes.net/]microsoft office 2007 enterprise[/b]